dampak penggunaan tiktok

Dampak Menggunakan Tiktok

Diposting pada

Beberapa waktu lalu TikTok melakukan inovasi dengan menghadirkan TikTok Lite, sama halnya seperti Facebook yang juga mempunyai versi Lite.

Cara seperti itu sudah jelas tujuannya apa, ya! tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjaring lebih banyak pengguna!

Seperti yang kita tahu kalau aplikasi versi Lite memang banyak disukai karena membuat penggunaan kuota internet jadi lebih hemat, jadi yang tadinya takut dan jarang buka tiktok karena khawatir kuota terkuras, sekarang tidak lagi merasa demikian dengan adanya versi lite dari TikTok ini.

Tiktok tidak main-main dalam meluncurkan aplikasi versi lite mereka mengingat TikTok mengadakan event refferal dimana pengguna yang dapat mengundang teman untuk menggunakan TikTok lite akan mendapatkan komisi dengan nominal yang menggiurkan.

Menanggapi hal itu, admin jadi tertarik untuk membahas mengenai dampak atau efek menggunakan aplikasi TikTok khususnya pada remaja (pelajar) karena pada dasarnya TikTok sendiri merupakan aplikasi yang penggunaanya lebih condong untuk orang dewasa.

Dampak Positif Menggunakan TikTok

Kita tentu tidak bisa sepenuhnya mengatakan kalau TikTok itu tidak baik terutama di kalangan remaja atau anak kecil khususnya pelajar, karena tidak bisa dipungkiri di TikTok banyak juga konten bermanfaat yang bisa kita tonton.

Lalu apa sih manfaat menggunakan TikTok?

Meningkatkan kreativitas

TikTok merupakan platform berbagi video dimana pengguna bisa membuat video sesuka hati untuk diupload ke platform ini, dan tidak diragukan lagi kalau kita bisa meningkatkan kreativitas melalui platform seperti ini.

Saya pikir saya tidak perlu menunjukan lagi bukti kalau di TikTok banyak konten positif karena kalian pasti sudah sering melihatnya, banyak kok konten yang mendidik dan menghibur dimana video di TikTok efeknya keren-keren.

Maka dari itu TikTok menjadi aplikasi yang bisa meningkatkan kreativitas karena kita pasti akan terpacu untuk membuat konten serupa, lihat ada konten viral dan bagus, eh kita tertarik untuk membuat video juga yang lebih bagus lagi dan lebih kreatif lagi.

Dapat dijadikan sumber penghasilan

Sama seperti Youtube dan Instagram, TikTok juga bisa menjadi ladang uang untuk kita meraup keuntungan dari aplikasi ini.

Intinya sih semua platform yang ada fitur followersnya pasti bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari situ seperti menerima endorsement produk tertentu.

Dampak Negatif Menggunakan TikTok

TikTok dulu pernah diblokir oleh Kemenkominfo, nah dari situ saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau aplikasi ini memang dapat memberikan efek yang tidak baik khususnya untuk anak remaja dan pelajar.

Dibanding sisi positifnya, TikTok memang lebih dikenal dari konten yang intinya kurang baik seperti joget-joget gak jelas, dan lainnya.

TikTok bikin candu

Berbeda dengan Youtube, TikTok menyajikan video-video dengan durasi pendek dan jumlah video baru dalam sehari mungkin melebihi Youtube..

Karena video pendek, orang bakal tidak gampang bosan alhasil lebih lama stay di aplikasi ini karena mereka bisa menonton berragam video dengan durasi singkat.

Intinya aplikasi ini sangat mungkin membuat kita susah close karena keasyikan scroll video-video yang akhirnya membuat kita kecanduan.

Dan efek samping dari rasa candu itu bakal negatif banget seperti malas belajar, bekerja, maunya rebahan terus sambil scroll video di TikTok.

Tidak bagus untuk anak remaja

Tahukah anda kalau di TikTok kita tidak akan bisa mengubah umur dan tanggal lahir di akun TikTok? hal itu ya sudah pasti dikarenakan TikTok memang membuat kebijakan bahwa aplikasi ini lebih ditujukan untuk orang dewasa.

Tapi masalahnya disini, anak SD saja sudah banyak yang menggunakan TikTok dan setiap hari menggunakannya, nah untuk anda orang tua yang mempunyai anak apalagi masih dibawah 17 tahun, sangat disarankan untuk lebih mengontrol penggunaan aplikasi ini.

Admin tidak mengatakan secara general kalau tiktok tidak bagus untuk anak remaja, tapi lebih kepada anak remaja yang menggunakannya tidak benar, kalau masih remaja/pelajar dan menggunakan TikTok untuk hal positif seperti membuat konten yang bagus, memfollow akun-akun tiktok yang sering memberikan video edukasi, ya hal itu justru bagus untuk remaja.

Itulah beberapa dampak positif maupun negatif menggunakan TikTok untuk anak remaja dan pelajar, pada dasarnya semua kembali pada penggunanya, TikTok bisa menjadi sangat bermanfaat jika digunakan untuk tujuan yang benar, namun bisa juga memberikan efek super negatif jika penggunanya tidak benar dalam menggunakannya.